Professional Studio Bridal Wedding AIRBRUSH MAKEUP Artist. In Kuala Lumpur Malaysia, Medan, Jakarta. Natural, Elegant. Photography, Videography. E: info@ranimakeup.com

Fakta Mengenai SPF

Apa yang dimaksud dengan SPF?

SPF, atau Sun Protection Factor, adalah pengukuran seberapa baik tabir surya akan melindungi kulit dari sinar berbahaya matahari, jenis radiasi yang menyebabkan kulit terbakar dan dianggap sebagai pemicu beberapa jenis kanker kulit.

Jika kulit Anda biasanya akan terbakar setelah 10 menit di bawah sinar matahari, menggunakan tabir surya SPF 15 akan memungkinkan Anda untuk berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama kurang lebih 150 menit (faktor bahwa 15 kali lebih lama). Ini adalah perkiraan kasar dan tergantung pada jenis kulit dan intensitas sinar matahari. Untuk perlindungan terbaik, dermatologists sangat menyarankan menggunakan tabir surya dengan rating SPF minimum 15, dan mengoleskan tabir surya secara merata dan sesering mungkin sepanjang tahun untuk semua jenis kulit.

Konsumen perlu menyadari bahwa perlindungan SPF tidak meningkat secara proporsional dengan meningkatnya jumlah SPF

SPF tidak sesederhana itu, skalanya tidak linear. Tabir surya SPF15 menghadang sekitar 93% dari sinar UVB, SPF30 menghadang tabir surya sekitar 97% dari sinar UVB dan SPF50 menghadang 98% dari sinar UVB. Jadi tabir surya SPF30 tidak memberikan dua kali perlindungan dari tabir surya SPF15! Keefektifan tabir surya berkurang seiring waktu, sehingga setelah selang beberapa jam perbedaan antara SPF15 dan SPF30 hanya sedikit.

Perbedaan antara tabir surya SPF15 dan SPF 30 tidak kentara karena efektivitas suatu tabir surya lebih berkaitan dengan berapa banyak yang dioleskan, seberapa sering dipakai, apakah si pemakai berkeringat banyak atau banyak bersentuhan dengan air.

Dan tabir surya SPF50 hanya 1% lebih efektif daripada tabir surya SPF30. Bahkan, FDA (suatu badan di Amerika yang mengatur obat-obatan seperti tabir surya) tidak mengijinkan tabir surya apapun dilabeli dengan SPF yang lebih tinggi dari SPF30 + karena mereka tahu bahwa semakin tinggi SPF suatu tabir surya tidak memberikan perlindungan yang lebih besar, dan bahwa produk tersebut merugikan konsumen. Saat ini tabir surya dengan SPF lebih tinggi dari 30 (atau tanpa label ‘Fakta Obat’) akan dikategorikan ‘misbranded’ berdasarkan Pasal 502 dari Federal Food, Drug & Cosmetic Act.

IJika Anda berkulit putih dan mudah terbakar sinar matahari, Anda mungkin perlu memilih tabir surya dengan SPF yang lebih tinggi untuk memberikan perlindungan tambahan. Menggunakan krim, minyak atau lotion adalah pilihan pribadi, namun perlu diingat bahwa kebanyakan minyak tidak mengandung tabir surya yang cukup dan biasanya memiliki SPF kurang dari 2 ─ menyaring sekitar 50 persen dari sinar UVB. Semua tabir surya perlu dioleskan kembali secara rutin, maka ikutilah pedoman tertulis pada botol tabir surya. Tabir surya tipe gel cenderung hilang bersama keringat dan karena itu, perlu dioleskan kembali lebih sering. Ingatlah, tabir surya yang mahal belum tentu memiliki kualitas yang lebih baik.

Apakah sebenarnya UVA, UVB dan UVC?

Sinar ultraviolet matahari (UV) terbagi menjadi tiga gelombang yang panjang:

Sinar UVA: Gelombang panjang sinar matahari 320-400 nm. UVA menembus kulit lebih dalam sampai ke lapisan dermis ─ lapisan kedua dari kulit, dimana kolagen, struktur kulit terletak. Hal ini menyebabkan kulit mengendor di tempat-tempat yang menyebabkan penuaan dini, kerusakan actinik (keriput, kasar, berbagai pigmentasi kulit), dan dapat memicu kanker kulit, termasuk melanoma.

Sinar UVB: Gelombang pendek sinar matahari 290-320 nm. Sekitar 90% sinar UVB diserap di bagian epidermis dan pada dasarnya tidak ada sinar UVB yang menembus lebih dalam daripada lapisan teratas dermis.
UVB penyebab kulit terbakar dan dianggap juga sebagai penyebab utama karsinoma sel basal dan skuamosa, serta faktor yang signifikan dalam munculnya melanoma. Sinar ini memecah organisasi sel kulit, menyebabkan keriput dan pembuluh darah rusak.

Sinar UVC: Gelombang TERPENDEK sinar matahari dan biasanya diserap oleh lapisan ozon.
Astronot dan pilot lebih sering terkena sinar UVC. Seraya penipisan lapisan ozon, sinar UVC juga perlu diantisipasi.

Garis-garis, bintik gelap, dan tekstur kulit yang tidak merata bukanlah efek yang tak terelakkan dari penuaan tetapi sering kali dikarenakan paparan sinar matahari yang terlalu banyak. Terlalu terekspos sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Satu-satunya cara untuk mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit akibat pencahayaan adalah menjauhi matahari tengah hari jika memungkinkan, memakai pakaian pelindung dan topi, dan selalu menggunakan tabir surya yang tepat.

6 Comments

  1. thomas blog says:

    Thanks for sharing superb informations. Your web-site is so cool. I’m impressed by the details that you have on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my friend, ROCK! I found just the info I already searched all over the place and just could not come across. What a perfect website.

  2. 統一發票 says:

    Your place is valueble for me. Will bookmarked it for sure !

  3. Wallace Schipper says:

    keep your great job!

  4. Managing says:

    Rather magnificent submit. I just stumbled upon your weblog and desired to say that I’ve definitely enjoyed reading your weblog posts. Any way I’ll be subscribing for your feed and I hope you write-up once more soon.

  5. Maurice Clum says:

    I drop a leave a response when I appreciate a post on a blog or if I have something to contribute to the discussion. It is caused by the passion displayed in the post I browsed. And after this article Fakta Mengenai SPF | Indonesia Hair and Makeup Artist – Malaysia Makeup Artist. I was actually moved enough to drop a thought :-) I actually do have some questions for you if you do not mind. Could it be just me or do a few of these responses come across as if they are left by brain dead folks? :-P And, if you are posting at additional online social sites, I’d like to keep up with you. Would you list every one of all your public sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?


Add your comment?



Name *
Email *
Website
Comment *